Truth Daily Enlightenment-logo

Truth Daily Enlightenment

Religion & Spirituality Podcas >

More Information

Location:

Indonesia

Language:

Indonesian

Contact:

+622145842381


Episodes

Membayar Harga Kebangkitan

7/15/2018
More
Pertanyaan yang penting yang harus kita temukan jawabnya adalah, mengapa harus percaya bahwa Theos (Bapa) yang membangkitkan Yesus dari antara orang mati? Pertama, orang percaya harus mengakui bahwa ada Bapa yang mempunyai segala kuasa, kemuliaan, dan Kerajaan yang membangkitkan Yesus. Yesus tidak dapat bangkit sendiri. Yesus tidak memiliki kuasa untuk membangkitkan Diri-Nya sendiri. Ada yang... Continue reading → The post Membayar Harga Kebangkitan appeared first on Truth Voice.

Duration:00:10:27

Harga Pengakuan Percaya

7/14/2018
More
Kalau melihat konteks zaman, betapa beratnya menjadi orang Kristen pada zaman aniaya, yaitu ketika surat Roma ditulis. Pada waktu itu, kalau ada orang mengaku Yesus adalah Kurios, maka ia harus mempertaruhkan segenap hidupnya demi percayanya. Ia harus rela kehilangan segala sesuatu, bukan hanya harta dan keluarga, tetapi juga nyawa mereka. Dengan mengaku Yesus adalah Kurios,... Continue reading → The post Harga Pengakuan Percaya appeared first on Truth Voice.

Duration:00:10:27

Mulut Mengaku

7/13/2018
More
Dalam Roma 10:9 tertulis: Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. Banyak orang Kristen yang salah memahami ayat ini, sehingga mereka tidak pernah menjalani jalan keselamatan yang Tuhan Yesus berikan. Kalimat “mengaku dengan mulut, bahwa... Continue reading → The post Mulut Mengaku appeared first on Truth Voice.

Duration:00:10:27

Hukum Taurat Dan Kebenaran Injil

7/12/2018
More
Selanjutnya dalam Roma 10:5 tertulis: Sebab Musa menulis tentang kebenaran karena hukum Taurat: “Orang yang melakukannya, akan hidup karenanya. Dari tulisan Musa ini kita memperoleh kebenaran, bahwa orang yang dapat melakukan hukum Taurat akan hidup karenanya. Hidup di sini tentu memiliki pengertian yang luas antara lain: Pertama, kata hidup berarti orang percaya dapat diperkenan oleh... Continue reading → The post Hukum Taurat Dan Kebenaran Injil appeared first on Truth Voice.

Duration:00:10:29

Kristus, Kegenapan Hukum Taurat

7/11/2018
More
Dalam Roma 10:4 tertulis: Sebab Kristus adalah kegenapan hukum Taurat, sehingga kebenaran diperoleh tiap-tiap orang yang percaya. Kalimat ini adalah kunci penting bagi kehidupan iman orang percaya. Kalimat “Kristus adalah kegenapan hukum Taurat” bisa memiliki dua makna: Pertama, Tuhan Yesus datang mengajarkan kebenaran, yaitu hukum Taurat yang disempurnakan. Mengenai hal ini, Tuhan Yesus sendiri mengatakan... Continue reading → The post Kristus, Kegenapan Hukum Taurat appeared first on...

Duration:00:10:28

Buta Terhadap Injil

7/10/2018
More
Perbuatan baik yang kita lakukan, dan moral agung yang orang percaya ekspresikan, bisa membuat orang yang menolak Injil tidak menghujat Tuhan Yesus dan memusuhi-Nya. Ini penting sekali, sebab kalau sampai seseorang menghujat Tuhan Yesus, pasti binasa. Kalau seseorang, walau bukan orang Kristen, tetapi jika tidak memusuhi Tuhan Yesus, bisa ada kemungkinan ia dihakimi menurut perbuatan.... Continue reading → The post Buta Terhadap Injil appeared first on Truth Voice.

Duration:00:10:28

Keselamatan Hanya Pada Dia

7/9/2018
More
Paulus memulai tulisannya dalam Roma 10:2-3 sebagai berikut: Sebab aku dapat memberi kesaksian tentang mereka, bahwa mereka sungguh-sungguh giat untuk Allah, tetapi tanpa pengertian yang benar. Sebab, oleh karena mereka tidak mengenal kebenaran Allah dan oleh karena mereka berusaha untuk mendirikan kebenaran mereka sendiri, maka mereka tidak takluk kepada kebenaran Allah. Penting untuk memahami kalimat... Continue reading → The post Keselamatan Hanya Pada Dia appeared first on Truth Voice.

Duration:00:10:29

Pengertian Doa Perjanjian Baru

7/8/2018
More
Selanjutnya kita membedah kata berdoa dalam Roma 10:1. Adapun kata berdoa dalam bahasa aslinya dalam ayat ini adalah deesis (δέησις), yang artinya juga kebutuhan (need), keinginan (want), fakir miskin (indigent), kekurangan (privation), permintaan (asking), pencarian (a seeking), permohonan (entreating, supplication, request) yang sama dengan permintaan kepada Tuhan (prayer). Sangat penting untuk memahami pengertian doa dalam... Continue reading → The post Pengertian Doa Perjanjian Baru...

Duration:00:10:25

Keselamatan Perjanjian Baru

7/7/2018
More
Paulus memulai tulisannya dalam Roma 10 dengan kalimat: Saudara-saudara, keinginan hatiku dan doaku kepada Tuhan ialah supaya mereka diselamatkan. Kalimat ini kelihatannya sederhana, tetapi sebenarnya pengertiannya sangat pelik. Persoalannya adalah apakah doa bisa mengubah keadaan? Bagaimana hubungannya dengan tatatanan Tuhan mengenai kehendak bebas manusia? Untuk itu kita perlu membedah ayat Roma 10:1 ini. Kata keinginan... Continue reading → The post Keselamatan Perjanjian Baru appeared...

Duration:00:10:26

Membangun Kebenarannya Sendiri

7/6/2018
More
Di ayat selanjutnya Paulus mengatakan: Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? Ini: bahwa bangsa-bangsa lain yang tidak mengejar kebenaran, telah beroleh kebenaran, yaitu kebenaran karena iman. Tetapi: bahwa Israel, sungguhpun mengejar hukum yang akan mendatangkan kebenaran, tidaklah sampai kepada hukum itu. Mengapa tidak? Karena Israel mengejarnya bukan karena iman, tetapi karena perbuatan. Mereka tersandung... Continue reading → The post Membangun Kebenarannya Sendiri appeared...

Duration:00:10:20

Anak Israel

7/5/2018
More
Dalam Roma 9:27 tertulis: Dan Yesaya berseru tentang Israel: “Sekalipun jumlah anak Israel seperti pasir di laut, namun hanya sisanya akan diselamatkan”. Kita perlu memperhatikan, dalam teks ini untuk Israel tidak digunakan kata “bangsa Israel”, tetapi menggunakan kata “anak Israel”, huion Israel (υἱῶν Ἰσραὴλ). Apakah ini hanya menunjuk bangsa Israel secara darah daging atau menunjuk... Continue reading → The post Anak Israel appeared first on Truth Voice.

Duration:00:10:27

Dipersiapkan Untuk Kemuliaan Bapa

7/4/2018
More
Dalam Roma 9:23 tertulis: justru untuk menyatakan kekayaan kemuliaan-Nya atas benda-benda belas kasihan-Nya yang telah dipersiapkan-Nya untuk kemuliaan. Dari ayat ini kita menemukan masalah sulit yang harus dipecahkan, yaitu apa yang dimaksud dengan “dipersiapkan-Nya untuk kemuliaan”? Kalau bangsa Israel dipersiapkan untuk kemuliaan Tuhan, artinya melalui bangsa itu Tuhan menunjukkan kuasa-Nya, sehingga membuat mata dunia membuktikan... Continue reading → The post Dipersiapkan Untuk...

Duration:00:10:22

Bisa Ditolak

7/3/2018
More
Dalam Roma 9:19-23 tertulis: Sekarang kamu akan berkata kepadaku: “Jika demikian, apa lagi yang masih disalahkan-Nya? Sebab siapa yang menentang kehendak-Nya?” Siapakah kamu, hai manusia, maka kamu membantah Allah? Dapatkah yang dibentuk berkata kepada yang membentuknya: “Mengapakah engkau membentuk aku demikian?” Apakah tukang periuk tidak mempunyai hak atas tanah liatnya, untuk membuat dari gumpal yang... Continue reading → The post Bisa Ditolak appeared first on Truth Voice.

Duration:00:10:25

Bertindak Menuruti Kehendak-Nya

7/2/2018
More
Harus ditegaskan bahwa pemilihan atas Yakub sebagai nenek moyang bangsa Israel, bukanlah pemilihan yang memiliki dampak langsung bagi semua manusia. Itu hanya pemilihan suatu bangsa yang akan melahirkan Mesias, dan mereka menjadi bangsa yang menyimpan rahasia pengenalan Sesembahan, yaitu Elohim Yahwe. Sebenarnya Tuhan juga bisa memilih bangsa manapun, tetapi dalam kedaulatan-Nya, Dia memilih bangsa Israel.... Continue reading → The post Bertindak Menuruti Kehendak-Nya appeared first on...

Duration:00:10:27

Membuka Mata

7/1/2018
More
Harus ditegaskan bahwa Tuhan tidak berintervensi atau masuk ke dalam jiwa Firaun -sehingga hatinya menjadi keras- tetapi Tuhan mendesak Firaun melalui peristiwa-peristiwa yang terjadi, yaitu tulah-tulah yang Allah datangkan. Dalam Keluaran 3:19-20, Firman Tuhan mengatakan: Tetapi Aku tahu, bahwa raja Mesir tidak akan membiarkan kamu pergi, kecuali dipaksa oleh tangan yang kuat. Tetapi Aku akan... Continue reading → The post Membuka Mata appeared first on Truth Voice.

Duration:00:10:16

Tidak Ada Pemaksaan

6/30/2018
More
Ketika Tuhan mendatangkan tulah dalam bentuk penyakit barah ke atas Mesir, anehnya Firaun sendiri tidak mengalami penyakit barah tersebut, padahal ahli-ahli sihir dan semua rakyat Mesir mengalaminya (Kel. 9:9-11). Mengapa demikian? Inilah cara Tuhan mengeraskan hati Firaun. Seandainya Tuhan juga mendatangkan barah atas tubuh Firaun, maka bisa jadi Firaun bersikap lain. Tuhan tidak memberi penyakit... Continue reading → The post Tidak Ada Pemaksaan appeared first on Truth Voice.

Duration:00:10:22

Proses Pengerasan Hati

6/29/2018
More
Masalah penting yang harus dipersoalkan adalah bagaimana proses “pengerasan hati” Firaun zaman Musa tersebut. Kita tidak boleh memandang pengerasan hati Firaun secara mistik. Ternyata Tuhan menggunakan sarana untuk mengeraskan hati Firaun, bukan intervensi ke dalam hati atau batin Firaun. Pada umumnya orang berpikir bahwa cara Tuhan mengeraskan hati Firaun adalah dengan mengubah hatinya. Seakan-akan Tuhan... Continue reading → The post Proses Pengerasan Hati appeared first on Truth Voice.

Duration:00:10:13

Alasan Pengerasan Hati

6/28/2018
More
Sebenarnya Musa dan Harun menghadapi Firaun dengan maksud agar umat Israel diperbolehkan oleh penguasa Mesir ini untuk dapat beribadah kepada Elohim Yahweh. Hal tersebut dikatakan Musa sebagai kehendak Tuhan. Tetapi Firaun sengaja mengada-ada dengan menuduh mandor-mandor Israel yang mau pergi. Sehingga pengerah-pengerah Mesir memukuli mandor-mandor Israel, dan membuat beban yang lebih berat kepada bangsa Israel... Continue reading → The post Alasan Pengerasan Hati appeared first on Truth...

Duration:00:10:21

Sumber Hikmat

6/27/2018
More
Kita harus memeriksa dengan teliti sejarah hidup Firaun, supaya kita dapat menemukan makna yang benar dari Roma 9 (Roma 9:17-18 – Sebab Kitab Suci berkata kepada Firaun: “Itulah sebabnya Aku membangkitkan engkau, yaitu supaya Aku memerlihatkan kuasa-Ku di dalam engkau, dan supaya nama-Ku dimasyhurkan di seluruh bumi. Jadi Ia menaruh belas kasihan kepada siapa yang... Continue reading → The post Sumber Hikmat appeared first on Truth Voice.

Duration:00:10:07

Berjuang Memahami Tindakan Tuhan

6/26/2018
More
Dalam kasus Nikodemus dan Paulus dapatlah diambil kesimpulan bahwa seseorang meresponi anugerah Tuhan tidak lepas dari latar belakangnya. Tentu latar belakang seseorang juga tidak lepas dari respon-responnya terhadap setiap peristiwa yang dialami, segala sesuatu yang didengar dan dilihatnya. Tentu saja Tuhan yang adil tidak akan berniat menggiring seseorang kepada kebinasaan dan yang lain kepada keselamatan... Continue reading → The post Berjuang Memahami Tindakan Tuhan appeared first on...

Duration:00:10:12